Socialabel

Wednesday, February 4, 2009

Membuka Casing Notebook Axioo

Banyak alasan yang mendasari untuk membuka casing sebuah notebook, salah satunya adalah troubleshooting. Contoh: Sebuah notebook miliki panas berlebih, diluar kebiasaan normal jika dibandingkan saat notebook pada kondisi terbaiknya, konsekuensi kondisi seperti ini dapat menyebabkan notebook mati mendadak, suhu normal sebuah notebook biasanya berkisar antara 40 % – 60 % pada saat pemakaian biasa, namun jika notebook memiliki panas yang berlebih maka prosesor akan otomatis menshutdown notebook hal ini untuk mencegah prosesor terbakar sehingga umur prosesor tetap terjaga. Untuk mengetahui suhu pasti dari sebuah prosesor dapat dilakukan monitoring dengan bantuan software sehingga diketahui bahwa kondisi notebook tersebut suhunya diluar batas toleransi untuk pemakaian biasa.
Dengan bantuan tools Everest, didapatkan suhu CPU notebook mencapai 89 C, dan efek samping dari kondisi seperti itu menyebabkan notebook dapat mati secara mendadakan.



dugaan pertama jika suhu prosesor panas dapat di sebabkan oleh tersumbatnya jalur sirkulasi udara kedalam notebook sehingga udara segar yang masuk ke dalam notebook tidak berjalan dengan lancar, untuk mengatasi hal tersebut kita dapat membersihkan jalur udara tersebut, biasanya untuk tipe-tipe notebook tertentu diharuskan untuk membuka total casing notebook







No comments:

Post a Comment