Socialabel

Saturday, January 25, 2014

Pasang Microsoft Core fonts di OpenSUSE

Fonts-fonts yang sering kita jumpai pada sistem operasi windows, pada distribusi openSUSE tidak terinstall secara default. Hal ini disebabkan karena font tersebut merupakan proprietary fonts dan bisa jadi para pengembang openSUSE tidak menyertakan perangkat lunak yang dimiliki secara eksklusif oleh pihak tertentu idealis dan untuk penggunaan proprietary software berlaku hukum serta aturan tertentu.

Hal ini bisa menjadi kendala bagi pengguna linux khususnya openSUSE dalam menyusun artikel ataupun tulisan ilmiah, Penulis pun sempat mengalami kendala ketika sidang proposal karena font yang saya gunakan berbeda dengan font yang dipakai dalam panduan penulisan ilmiah dikampus, akibatnya bisa rame dibully rame2 pada proses sidang.

Akhirnya sekarang font tersebut wajib diganti pada saat revisi nanti, bagi pengguna yang harus rela menurunkan rasa idealismenya, dapat menginstall font tersebut. Pada distribusi repository openSUSE sudah tersedia Microsoft Core Fonts yang biasa disebut fetchmsttfonts. 

Atur repository bisa ke On line repo ataupun DVD Installasi

#zypper install fetchmsttfonts

atau dapat juga menggunakan #Yast#

Setelah selesai silahkan restart semua aplikasi yang membutuhkan font tersebut (ex: Libre Office).

2 comments:

  1. waah udah sidang aja ya kakak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. apo kabar de,
      ini baru proposal ,..
      sekarang ditempati dimano dinasnyo??

      Delete