Socialabel

Saturday, October 19, 2013

Multimedia Pack Portable untuk openSUse 12.3 [offline]

Pada postingan sebelumnya tentang codec audio-video pada opensuse, pada postingan tersebut codec yang digunakan diperoleh secara on line dari server repositori, bagi koneksi internet belum memadai tentu menjadi kendala tersendiri apalagi server repositori codec tersebut juga tidak memiliki akses internet yang kencang.

Untuk mengatasi kejenuhan dalam menginstall codec, user dappat menggunakan MMP codec yang dapat digunakan/diinstall secara offline. terlebih dahulu silahkan di download ke komputer lokal.

Selanjutnya Ekstrak file arsip tersebut di derektori yang bisa di tulis kemudian, gunakan software manager seperti RPM untuk menginstall codec-codec yang dibutuhkan dengan catatan setiap depedensi dari codec telah terinstall lebih dahulu.

Namun jika tidak mau dipusingkan dengan depedensi dari codec dapat menggunakan Yast, buka yast dan tambahkan direktori tersebut sebagai repo lokal bagi opensuse

Pada "Configured Software Repositories" silahkan buat repositori baru dengan memilih opsi "Add"
Menambah Repositori Lokal
Selanjutnya  pilih "Local Directory" dan Centang opsi "Plain RPM Directory" selanjutnya rubah priority dari repositori tersebut ke urutan yang nilai paling kecil (Paling Besar) diantara repo lainnya.

Arahkan repositori ke kumpulan folder RPM
Jika mau menginstall codec melalui yast, silahkan download file Ymp pada postingan sebelumnya, namun yang membedakannya sekarang codec akan di ambil dari direktori lokal.

Warning akibat konplik aplikasi
Jika ada warning pada saat installasi, baca baik-baik informasi tersebut,..  bisa pilih opsi following, do not install atau break. sesuaikan dengan kondisi sistem



Silahkan Download Codec Offline
Source link

No comments:

Post a Comment